You Are Here: Home » Testimony » Testimony : Rizkawibowo

Testimony : Rizkawibowo

GEAR REVIEW : ARTROCK LES PAUL RLP 200 INDONESIA

Yup, mungkin sedikit telat untuk mereview gitar indonesia yang satu ini. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan? bagi2 informasi apa salahnya?hehe.
ARTROCK guitars tipe Les Paul RLP 200, merupakan gitar elektrik yang asli pabrikan Indonesia, diproduksi oleh PT.RIRA yang juga sudah cukup lama menerima orderan gitar dari brand2 internasional. Ini merupakan salah satu model gitar yang sangat cetarr membahana, sangat populer dan sangat klasik, pertama kali diciptakan oleh Alm. Les Paul di era tahun 50an (CMIIW) dengan brand Gibson-nya, dan saat ini pun mungkin hampir seluruh pabrikan gitar di dunia memiliki tipe model Les Paul ini, tidak terkecuali juga untuk pabrikan ARTROCK.
Well, let’s get the party started!
FITUR/HARDWARE
Menggunakan bahan kayu Mahogany untuk body nya, tidak setebal les paul pada umumnya, dan memberikan sedikit arch top untuk menambah kesan klasiknya. Difinishing dengan warna gold/emas yang cukup berkualitas pada bagian depannya, dan warna coklat tua pada bagian samping dan belakang. Untuk neck juga menggunakan bahan kayu mahogany dengan fretboard rosewood, inlay kotak blok bahan abalone dan disambung dengan metode set in neck. Body dan headstock menggunakan binding 5 lapis dan neck 1 lapis.
22 medium frets, 3 on 3 tuner model grover, bridge menggunakan Tune-O-Matic dan Stop Tail, 24 3/4 scale, 2 volume, 2 tone, 3 way switcher dan 2 buah pasif humbucker bridge dan neck dari GnB pickups dengan model krom. Hardware menggunakan warna finishing hitam.
Gitar ini tidak seberat Gibson Les Paul, karena memang ukuran body yang lebih tipis, serta neck yang juga cukup tipis, dengan kontur heel pada bagian ujungnya, pas untuk kita tangan orang asia. Hardware (tuner,bridge dll) bawaan gitar ini sudah cukup baik dan standar, atau kalo kamu ingin lebih awet mungkin lebih baik untuk mengupgrade dengan hardware yang lebih berkualitas tinggi. Tapi untuk body dan neck saya pastikan kualitas dan detail pengerjaannya sudah sangat profesional.
SOUND
Artrock Les Paul RLP 200 merupakan gitar dengan warna sound yang cukup variatif dengan output pickup yang cenderung medium. Penggunaan kayu yang tipis pada body dan neck juga berimbas pada warna sound yang lebih high/bright. Sound clean dari bridge gitar ini juga cukup asik, dengan kadar low, mid dan high yang proporsional, dan untuk sound neck cenderung low tetapi dengan kadar treble yang juga masih terasa. Blending sound dari kedua pickupnya juga asik untuk kamu yang suka dengan sound yang warm, bluesy dan asik untuk chording/solo dengan gaya slash.
Pada setting distorsi, gitar ini cenderung medium output, dengan sound yang mirip2 dengan musik rock/heavy metal era tahun 80an, apabila kamu ingin lebih high gain, lebih low dan heavy, mungkin penggunaan senar yang lebih tebal (rekomendasi ukuran 010./.011) dan pickup booster sudah dapat mengatasi permasalahan itu.
PLAYABILTY
Gitar RLP 200 ini dapat memberikan playability yang cukup bagus, body yang tidak terlalu berat, desain yang proporsional memungkinkan kamu main sambil duduk dengan santai. Desain neck juga merupakan kelebihan dari gitar ini, lebih tipis dari les paul yang asli, dan sepertinya memang didesain untuk tangan2 orang Indonesia. Fret work yang sempurna, neck yang stabil, membuat jari kita lebih nyaman bermain2 di fingerboardnya, dan memainkan musik2 pop, rock, bahkan sedikit heavy metal juga dapat dijabanin oleh gitar ini. Bermain solo/sweep picking juga nyaman banget bro!.
OVERALL
Well, gitar ini juga dibanderol dengan harga yang sangat masuk akal. Cukup terjangkau untuk gitar dengan kualitas yang baik. Pas untuk kamu yang falling love dengan model les paul namun dengan ukuran yang lebih Indonesia. Kalau kamu ingin membuat sound gitar ini lebih gahar coba saja dengan mengupgrade pickupnya, karena basic dari kayu mahoganynya dapat dibawa kemana saja, baik pickup dengan bahan ceramic ataupun alnico, Ohya hampir lupa, kalo kamu ganti dengan pickup yang lebih hot, attack dari sound gitar ini juga menjadi lebih sadis, pas buat yang doyan metal.****
Akhir kata :
Produksi gitar elektrik Made In Indonesia menunjukkan kualitas yang semakin baik, dan gitar ini adalah gitar all around yang dapat di gunakan oleh siapa saja, cukup terjangkau tapi tidak murahan. I Love Indonesian Guitar!!

About The Author

Number of Entries : 177

Leave a Comment

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:

Copyright © 2014 ARTROCK GUITARS. All Rights Reserved.

Scroll to top
UA-25426705-9